Pentingnya Komunikasi
yang Efektif dalam Dunia Bisnis
Dewasa ini segala hal
berhubungan dengan komunikasi, baik dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia
pendidikan formal maupun dalam ruang lingkup bisnis. Komunikasi merupakan
elemen terpenting yang diberikan Tuhan kepada manusia, karena dengan komunikasi
kita menjadi mahluk hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa
sosial yang menjadi harapan kita untuk tetap berperan sebagai manusia.
Selain komunikasi ada
juga faktor penting yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, karena
dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi
kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.
Komunikasi adalah suatu
proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau
lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek
tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan aspresiasi. Bisnis dan
komunikasi sebagai satu proses sosial, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa
komunikasi adalah bisnis dan sebaliknya, bisnis adalah komunikasi.
Kemajuan di bidang
transformasi informasi (TI komunikasi) juga berlangsung sangat pesat, sehingga
informasi tentang keadaan tertentu dapat disampaikan tanpa tergantung jarak
geografis. Kemajuan dibidang komunikasi (media massa) telah mempengaruhi
pola-pola bisnis antarmanusia.
Dari uraian singkat
diatas dapat kita bayangkan betapa pentingnya komunikasi dalam hidup. Tapi
disini saya akan memberikan penjabaran tentang pentingnya arti dari sebuah
komunikasi terhadap dunia bisnis era modern ini.
Pengertian Komunikasi
Bisnis
Secara garis besar,
Komunikasi Bisnis dapat didefinisikan sebagai pertukaran gagasan dan informasi
yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal
melalui simbol-simbol atau sinyal.
Menurut para ahli,
definisi Komunikasi Bisnis adalah sebagai berikut:
Menurut Purwanto
(2006:4), Pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam
dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi
verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut Katz (1994:4),
Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan
konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi
bisnis diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam
rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.
Menurut Rosenbaltt
(1982:7), pengertian komunikasi bisnis dikemukakan dalam pernyataan: Business
Communication are purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions,
and the like, presented personally or impersonally by symbols or signal as
attain the goals of the organizations (Komunikasi Bisnis merupakan pertukaran
ide, opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang disajikan secara personal
ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan)
Manfaat Komunikasi yang
Efektif dalam Dunia Bisnis
Secara umum, ada tiga
tujuan komunikasi bisnis yaitu; memberi informasi (Informing) persuasi
(persuading) dan melakukan kolaborasi, (collaborating) dengan audiens
(pelanggan).
Berikut ini adalah
beberapa manfaat penting dari komunikasi yang efektif dalam dunia bisnis.
1. Memberi Informasi
Tujuan pertama dalam
komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia
bisnis kepada pihak lain, contoh seorang pemimpin perusahaan ingin mendapatkan
pegawai yang diharapkan, maka Dia memasang iklan melalui mass media, memasang
websitus/situs di jalur internet, dalam hal ini setiap media mempunyai
kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus
memilih media mana yang akan dipilih.
Dan itu tergantung pada
kebijakan perusahaan dengan melihat kemampuan internal perusahaan tersebut.
Contoh yang lain misalnya sebuah Departemen Store memasang tulisan discount
besar-besaran pada produknya.
2. Memberi Persuasi
Tujuan kedua komunikasi
bisnis adalah memberikan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan
dapat dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang
berkaitan dengan penegasan konfi rmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan
pelanggan, agar kedua pihak memperoleh manfaat secara bersama-sama tanpa ada
yang merasa dirugikan.
3. Melakukan Kolaborasi
Tujuan ketiga dalam
komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi, atau kerja sama bisnis antara
seseorang dengan orang lain, melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut
seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama bisnis, saat sekarang seiring
dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maka seseorang dapat menggunakan berbagai
media telekomunikasi seperti telpon, faksimile, telpon seluler, internet surat
elektronik, teleconference. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting
artinya dalam pererat kerja sama bisnis.
Kesimpulan
Komunikasi bisnis
adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan
efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan
komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga
haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau
keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Di era globalisasi ini,
tantangan seorang manajer di masa depan relatif akan semakin sulit, karena
dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen.
Para manajer perlu membekali diri dengan keterampilan lintas budaya, berupa
kemampuan berinteraksi dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis
bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi
strategis dengan mitra bisnis.
Disini peran komunikasi
bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan
laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping menyampaikan gagasan, baik
lisan maupun tertulis secara sistematik.
Sumber:
http://www.pendidikanekonomi.com/2016/03/pentingnya-komunikasi-yang-efektif.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar