Minggu, 23 April 2017

Tugas Individu Opini Etika Bisnis (Softskill)

Nama  : Farhani Rahmah
Kelas   : 3EA19
NPM   : 13214969

A.    Opini mengenai perusahaan Laundry Greenbox Depok

Pada perusahaan Greenbox Laundry sendiri sudah memenuhi lima prinsip Good Corporate Governance yaitu, Transparan, Akuntabilitas, Pertanggung Jawaban, Kesetaraan dan, Kewajaran. Walaupun tergolong usaha mikro, pemilik usaha selalu berusaha sebaik mungkin dalam mengelola dan mengembangkan usahanya terbukti dari telah berjalannya lima prinsip Good Corporate Governance diatas.

Dampak Good Corporate Governance terhadap Perusahaan

Penerapan Good Corporate Governance dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan dan perekonomian secara keseluruhan. Terdapat beberapa asas dalam penerapannya yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran dan kesetaraan. Kelima asas ini diperlukan untuk mencapai kesinambungan usaha (sustainability). Melalui penerapan kelima asas ini kepatuhan pajak perusahaan, baik formal maupun material, diyakini dapat menjadi lebih baik.

Hambatan Good Corporate Governance terhadap Perusahaan

(1) Perlunya kemampuan perusahaan untuk mengelola sumber daya
(2) Konsistensi terhadap sistem pemisahan antara manajemen dan pemegang saham
(3) Perlunya kemampuan perusahaan untuk menciptakan kepercayaan

B.     Opini mengenai perusahaan Toko Sepatu  Futsal  League

Toko Sepatu  Futsal  League sudah melakukan Corporate Social Responsibility dalam menjalankan usahanya karena Toko Sepatu Futsal League sangat memperhatikan dan sangat perduli terhadap kesehatan serta kebersihan masyarakat, terkait dengan kinerja tanggung jawab sosial.



Corporate Social Responsibility yang baik akan menghasilkan manfaat yang tidak tampak seperti reputasi, komitmen dan pembelajaran serta manfaat-manfaat yang tak tampak lainnya, misalnya efisiensi biaya operasional perusahaan.  Jika dihubungkan dengan UU No. 40 tahun 2007, hal menjadi sebuah kabar baik buat perusahaan karena CSR menjadi sebuah kewajiban yang menguntungkan. Pada pasal 74 ayat 2 dikatakan  Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran. Ini artinya semua pengeluaran untuk program CSR itu dapat dianggarkan dan menjadi biaya resmi perusahaan. Kalau dulu mungkin sering terjadi perdebatan mengenai boleh- tidaknya program CSR ini dibiayakan sekarang dengan undang-undang ini dinyatakan boleh menjadi biaya. Walaupun sudah dijelaskan begitu, tetap diperlukan peraturan pemerintah yang menjelaskan tentang  ini supaya tidak terjadi perbedaan dalam interpretasi. Bagaimana melakukan program CSR atau tanggungjawab sosial dan lingkungan ini  menjadi sebuah program kerja? Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus ditempu sebelum menbuat program CSR,



Beberapa permasalahan dalam pelaksanaan CSR di Indonesia dalam mewujudkan pelaksanaan GCG “Good Coorporate Governance” yang ditemukan diantaranya permasalahan transparansi perusahaan dalam mengelola dan memberikan cost sosialnya kepada masyarakat.


C.    Opini tentang Etika Bisnis di Restoran Ayam Bakar Losari

Etika-etika bisnis di Restoran Ayam Bakar Losari selalu dipegang dan diaplikasikan secara nyata oleh pemilik usaha. Selain itu, Restoran Ayam Bakar Losari telah mempersiapkan SDM yang berkualitas yang siap berkompetisi. Restoran Ayam Bakar Losari bisa menjalin kemitraan guna meningkatkan jumlah produksi dan memenuhi satu sama lain sehingga konsumen akan tertarik untuk mengkonsumsi produk tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar